Kontruksi Sarang Orangutan Jadi Infirasi

Minggu, 11 November 2012

Kontruksi Sarang Orangutan Jadi Infirasi


LONDON—Cara orangutan membangun sarang menginspirasi sejumlah peneliti dunia. Para ilmuwan percaya orangutan menggunakan “ilmu teknik mesin canggih” untuk mambangun sarangnya.

Para peneliti dari Inggris datang ke Sumatera khusus untuk mempelajari hal itu. Mereka menemukan sejumlah konstruksi sarang orangutan. Sarang itu dibuat dari dahan-dahan pohon yang dibengkokkan. Posisinya berada di atas pohon.

Dahan-dahan besar dibengkokkan untuk membangun struktur sarang. Dahan-dahan yang lebih kecil dibengkokkan mengelilingi struktur tersebut untuk membuat sarang lebih nyaman.

“Jelas sekali, orangutan paham bagaimana membangun sarang yang baik dengan konsep mekanika,” ujar peneliti dari University of Manchester, Adam van Casteren seperti dilansir PlanetEarth.nerc.ac.uk, Selasa (17/4) waktu setempat.

Dengan mempelajari hal tersebut peneliti yakin dapat mengungkap rahasia evelosi manusia dalam hal penggunaan teknologi. Penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. (ali)


sumber http://www.solopos.com